Ilustrasi. Seorang petani sedang mengupas buah kelapa.
Ilustrasi. Seorang petani sedang mengupas buah kelapa.

Harga Kopra Dinilai Mulai Membaik

EKONOMI & BISNIS

MANADO, publikreport.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menilai harga kopra mulai membaik. Hal ini dilihat dari harga pembelian kopra dari beberapa perusahaan, seperti PT Cargill dengan harga Rp4.800 pada November 2018 saat ini Rp5.500 dan PT Multi Nabati dengan harga Rp4.800 pada November 2018 dan saat ini Rp5.600.

“Harga kopra bisa berangsur naik karena berbagai langkah strategis yang dilakukan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, di antaranya dengan mengajak para perusahan pabrikan kopra untuk menaikan harga beli kopra,” tulis blog Humas Provinsi Sulawesi Utara, Selasa, 18 Desember 2018.

Untuk rencana jangka panjang, disebutkan gubernur mengagagas program untuk mengatasi anjloknya harga kopra dengan mengembangkan industri minyak goreng kelapa skala kelompok tani. Tahun 2018 ini telah disalurkan bantuan 12 unit mesin produksi minyak kelapa kepada kelompok tani. Dua di antaranya bantuan tempat pengolahan kelapa.

Tahun 2019 mendatang, Pemerintah Provinsi Sulut akan memberikan bantuan sebanyak 23 unit mesin beserta tempat pengolahan senilai Rp7 miliar. 

Langkah lain yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulut untuk meningkatkan nilai jual produk turunan dari kelapa, yaitu mengadakan pertemuan yang diikuti seluruh daerah penghasil kelapa di Indonesia. | VERONICA DSK

Leave a Reply