Gunung Karangetang.
Gunung Karangetang.

Gunung Karangetang Siaga III

SANGIHE, publikreport.com – Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), kini berada pada status Siaga III. Aktivitas vulkanik gunung ini mendapat atensi serius dari Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Sangihe, Ajun Komisarisi Besar Polisi (AKBP), Sudung F Napitu dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0301/Sangihe dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Kami melakukan monitoring perkembangan aktivitas Gunung Karangetang dan melakukan koordinasi kesiapan tanggap bencana, mengingat saat ini dalam status Siaga III,” jelas Kapolres Sangihe, AKBP Sudung F Napitu, Minggu, 13 Januari 2019, saat melakukan pemantauan di Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang di Jalan Malawa, Kampung Salili, Kecamatan Siau Tengah.

BACA JUGA: Peningkatan Aktivitas Gunung Karangetang Sejak 23 November 2018

BACA JUGA: Wilayah Sulut Rawan Bencana

Didampingi Kepala Pos Pengamat Gunung Api Karangetang, Yudi Tatipang, Kapolres dan Dandim melakukan pengecekan terhadap alat seismometer.

Pemantauan juga dilakukan Sudung dan rombongan di kompleks komang, Lingkungan I, Kampung Winangun, Kecamatan Siau Barat Utara dan beberapa kampung yang ada di sekitar kaki Gunung Karangetang.

“Aktivitas masyarakat saat ini masih berjalan normal. Namun kami imbau agar tetap waspada dan selalu mendengar imbauan-imabaun yang disampaikan petugas,” ucap Sudung. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply