You are currently viewing Ini Modus Para Pencuri di Bitung

Ini Modus Para Pencuri di Bitung

KRIMINALITAS

BITUNG, publikreport.com – Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Bitung, Edy Kusniadi mengungkapkan modus para tersangka pencuri dalam melakukan aksinya di Kota Bitung.

“Modus mereka ada berbagai cara, antara lain pencurian dengan kekerasan, pemberatan, masuk ke rumah pada malam hari dengan merusak jendela atau pintu,” ungkap Edy, Rabu 16 Januari 2019, yang didampingi Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres, AKP Idris Musa dan Kepala Seksi (Kasi) Provos dan Pengamanan (Propam) Polres, Inspektur Dua (Ipda) Jhon Koroh, pada konferensi pers terkait pengungkapan kasus pencurian yang terjadi wilayah Kota Bitung selang 2018.

Pencurian-pencurian dengan modus-modus itu, menurut Edy, dalam waktu sebulan berhasil diungkap. Setidaknya berhasil diamankan sembilan tersangka dengan 12 unit kendaraan bermotor, barang elektronik, uang dan lain-lain, sebagai barang bukti.

BACA JUGA: Komplotan Pencuri Dibekuk

BACA JUGA: Maling Bobol Warung di Kolongan

“Para tersangka kini ditahan dan menjalani pemeriksaan lanjut. Bahkan ada yang sudah dilimpahkan ke kejaksaan guna proses persidangan. Dari beberapa tersangka, merupakan residivis 2 sampai 6 kali, yakni AR, KSA, GAG, NL, RB, AR dan BB,” bebernya.

Para tersangka ini, Edy melanjutkan, kerap beraksi di wilayah Matuari, Maesa dan Aertembaga.

“Mereka dijerat pasal 363 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, pasal 2 dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara, dan pencurian serta melakukan kekerasan diancam 9 sampai 12 tahun penjara,” tambahnya. | RIZAL M

Leave a Reply