Marthen S Gosal, Direktur PDAM Kota Tomohon.
Marthen S Gosal, Direktur PDAM Kota Tomohon.

PDAM Berencana Revitalisasi Jaringan Pipa Air

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon, Marthen Samuel Gosal mengaku pihaknya berencana merevitalisasi jaringan pipa air utama yang ada di seluruh Kota Tomohon. Revitalisasi ini menurutnya penting mengingat pipa-pipa ini sudah cukup lama tertanam dalam tanah.

“Pipa-pipa itu kini ada yang berada di bawah jalan atau rumah penduduk. Ini terjadi karena pembangunan yang berjalan. Keberadaan pipa-pipa yang berada di bawah jalan atau rumah-rumah penduduk, sering menyulitkan kami dalam melakukan perbaikan gangguan atau maintenance,” jelas Marthen kepada publikreport.com.

Guna mengoptimalkan pelayanan terhadap konsumen air di Kota Tomohon, Marthen mengaku, pihaknya telah mengusulkan agar dilakukan revitalisasi perpipaan air di seluruh wilayah Kota Tomohon.

Konsumen PDAM Diimbau Jangan Titip Pembayaran

“Usulan sudah kami sampaikan baik ke Pemerintah Kota  Tomohon maupun Satker di Provinsi Sulut. Namun saat ini masih terkendala karena anggaran terbilang besar. Memang oleh Satker provinsi sudah memberikan ‘lampu hijau’ dan kita di  Tomohon yang menyiapkan dana sharing,” ungkapnya.

Usut Tunggakan Konsumen, PDAM Gandeng Kejaksaan

Jaringan pipa air yang sudah banyak keropos, sehingga kerap terjadi gangguan suplai air kepada konsumen, menurut Marthen juga disinyalir kerap terjadinya pencurian air.

Krisis Air Bersih Intai Tomohon

“Pipa jaringan air utama PDAM kami akan ganti dengan yang lebih bagus dan lebih besar. Penggantian pipa-pipa ini akan dilakukan dengan teknologi yang terbilang canggih. Pokoknya tidak akan merusak yang ada di permukaan,” ungkapnya. | DORANG

Leave a Reply