Aktivitas pertambangan galian c – sekarang dikenal dengan mineral bukan logam dan batuan - di kaki Gunung Lokon, Kecamatan Tomohon Utara.
Aktivitas pertambangan galian c – sekarang dikenal dengan mineral bukan logam dan batuan - di kaki Gunung Lokon, Kecamatan Tomohon Utara.

Pengusaha Galian C ‘Malas‘ Bayar Pajak Daerah

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Pengusaha galian c yang ada di Kota Tomohon disinyalir ‘malas’ membayar pajak Pemerintah Kota Tomohon. Pasalnya dari target pendapatan pajak daerah sebagaimana tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), realisasi dari pajak galian c sangat minim.

“Dari target pendapatan pajak daerah sangat minim realisasi dari sektor pajak galian c Dan ini sudah berlangsung dalam beberapa tahun anggaran,” jelas Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon, Johnson Liuw kepada publikreport.com, Kamis 31 Januari 2019.

Minim Realisasi Pajak Kota Tomohon

Pajak galian c ini, menurut Johnson seharusnya dihitung dari kubikasi yang diproduksi para pengusaha. Guna mengoptimalkan pendapatan dari pajak daerah ini, Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon akan meminta data-data produksi dari para pengusaha galian c yang ada di Kota Tomohon.

“Total pengusaha/perusahaan galian c ada sekitar sepuluh. Kami akan meminta data produksi dari mereka,” ungkapnya.

Diakuinya Johnson ada oknum pengusaha yang membayar pajak galian c, namun nominalnya diduga tidak sesuai produksi perusahaannya.

Empat ‘T’ Pembayar Pajak Daerah

Leave a Reply