Kantor Gubernur Provinsi Sulut.
Kantor Gubernur Provinsi Sulut.

Bencana, Pemprov Sulut Buka Posko Informasi Bencana

MANADO, publikreport.com – Bencana banjir, tanah longsor dan pohon tumbang yang melanda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terutama di Kota Manado, Jumat 01 Februari 2019, membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bergerak mendirikan Posko Informasi Bencana di lobi Kantor Gubernur Sulut. Juga disiapkan juga Posko Siaga Bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut.

Selain itu, menurut Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen, juga telah disiapkan perlengkapan penanggulangan bencana di sejumlah instansi terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (DinPUPR), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

“Semuanya sudah disiapkan di sejumlah lokasi bencana. Kami juga menyediakan kebutuhan masyarakat seperti dapur umum, makanan siap saji dan peralatan lainnya,” jelas Edwin, Jumat 01 Februari 2019.

Posko Kesehatan, menurut Edwin, juga telah disiapkan bagi masyarakat korban bencana.

“Dinas Kesehatan sudah membuka Posko Kesehatan yang buka 1×24 jam dan sudah disiapkan obat-obatan yang diperlukan,” ujarnya.

BACA JUGA: Lagi, Manado Dikepung Banjir

Masyarakat, Edwin berharap, agar terus waspada. Alasannya, berdasarkan data peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut, curah hujan tinggi masih berlangsung hingga pukul 20.00 WITA.

“Kami mengimbau masyarakat agar menghindari daerah aliran sungai dan daerah rawan longsor,” imbaunya.

Masyarakat Sulut yang membutuhkan informasi bencana dapat menghubungi, nomor telepon selular:

  • 0813 5552 6955, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulut, Joi Oroh
  • 0812 419 3636, Kepala Biro Protokol dan Humas Setdaprov Sulut, Dantje Lantang
  • 0812 4453 1119, Kepala Bagian Humas Setdaprov Sulut, Christian Iroth. || VERONICA DSK

Leave a Reply