Gunung Karangetang.
Gunung Karangetang.

Karangetang Erupsi, Jumlah Pengungsi Bertambah

SITARO, publikreport.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro), Evangline Sasingen, mengatakan, jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Karangetang, bertambah menjadi 132 jiwa dan akan dipindahkan ke shelter di Desa Paseng, Kecamatan Siau Barat. Pemindahan para pengungsi kini karena kondisi yang makin memburuk.

“Kami sudah instruksikan agar pengungsi dipindahkan dari Batubulan ke Desa Paseng. Jumlah pengungsi ini bertambah,” kata Evangline di Ondong, Siau.

Akibat guguran lava, Evangline mengungkapkan, jalur darat kembali tertutup. Saat ini upaya membuka jalur Desa Batubulan dan Desa Nameng sedang diupayakan.

“Kapan bisa ditembus belum bisa dipastikan, karena medannya sulit dan guguran lava dari kawah utama, masih terus terjadi sehingga kondisi menjadi sulit. Berharap secepatnya bisa ditembus,”  jelasnya.

Distribusi bantuan kepada korban bencana erupsi Karangetang, diakui Evangline juga terkendala cuaca buruk dan jalan yang tertutup lava.

“Kapal yang membawa bantuan susah mendekati dermaga. Tetapi sejak awal bantuan sudah didistribusikan kepada para korban oleh BPBD dan Dinas Sosial meski terkendala cuaca,” katanya.

Leave a Reply