Robby Parengkuan, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kabupaten Minahasa Utara (Minut).
Robby Parengkuan, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Soal TKA, Dinaker ‘Warning’ Perusahaan

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Robby Parengkuan menyerukan kepada perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) agar segera menindaklanjuti surat yang telah dilayangkan sejak akhir Januari 2019.

“Dalam surat itu dijelaskan, setiap TKA harus memiliki Ijin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) yang dikeluarkan pemerintah pusat. Tujuan lain atas penyampaian surat tersebut juga untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Minahasa Utara Nomor 1 Tahun 2014 tentang Retribusi Perpanjangan IMTA,” ungkap Robby kepada wartawan, Senin 11 Februari 2019.

Dalam waktu dekat, Robby menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan ke lapangan.

BACA JUGA: Izin Tenaga Kerja Asing Dipermudah, Tak Perlu Lagi Rekomendasi

BACA JUGA: Adakah Biaya Pengurusan “Kartu Kuning” Untuk Pencari Kerja?

BACA JUGA: Gedung Balai Latihan Kerja Terkesan Diabaikan

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi,” tegasnya.

Jumlah TKA di Kabupaten Minut setiap tahun semakin meningkat. Pada awal tahun 2018, TKA yang terdaftar berjumlah 85 orang dan kini sudah menjadi sekitar 120 orang. Sebagian besar TKA yang bekerja di Minut merupakan warga Tionghoa. Keberadaan mereka juga turut diawasi oleh Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) yang sengaja dibentuk untuk mengidentifikasi pendatang asing. | GLENLY B

Leave a Reply