Ruddie AL Lengkong, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon.
Ruddie AL Lengkong, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon.

Akan Bangun Pasar, Dinperindag (Masih) Cari Lahan

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) tahun 2019 ini berencana membangun pasar tradisional di wilayah Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Selain pasar tradisional juga direncanakan akan dibangun terminal.

“Kami akan lihat dibagian mana akan dibangun. Karena kami (Pemerintah Kota Tomohon) hanya menyiapkan lahan,” kata Kepala Dinperindag) Kota Tomohon,  Ruddie  AL Lengkong kepada publikreport.com, Selasa 12 Februari 2019.

Kendati masih mencari lahan, namun Ruddie memastikan, pasar tradisional ini akan dibangun di wilayah Kecamatan Tomohon Selatan.

“Kecamatan Tomohon Selatan dipilih mengingat pertumbuhan penduduk yang cukup pesat. Selain pasar tradisional rencananya juga akan dibangun terminal angkutan kota mengingat Tomohon Selatan merupakan salah satu pintu gerbang Kota Tomohon,” jelasnya, seraya menambahkan, terminal nantinya merupakan kewenangan Dinas Perhubungan (Dinhub) jika mereka bersedia.

“Terminal nantinya juga melayani rute ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah. Memang jaraknya cukup dekat. Tapi intinya, pasar itu dibangun karena dilihat dari jumlah penduduk, banyaknya pedagang dan perputaran perekonomian warga,” sambungnya.

Tomohon Bakal Ketambahan Dua Pasar

Untuk pembangunan pasar tradisional di Kecamatan Tomohon Selatan, menurut Ruddie, sejak tahun 2018, pihaknya sudah mengajukan proposal perencanaan ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

“Proposal tidak mencantumkan anggaran. Karena itu bersifat paket dan semoga disetujui Kemendag,” katanya.

Bertahun-tahun RPH PD Pasar Tak Difungsikan

Leave a Reply