Foto bersama Pengurus AMSI Sulawesi Utara (Sulut) dan Dewan Pers serta anggota AMSI Sulut, usai verifikasi AMSI di Sekretariat AMSI Sulut, Kamis 21 Februari 2019.
Foto bersama Pengurus AMSI Sulawesi Utara (Sulut) dan Dewan Pers serta anggota AMSI Sulut, usai verifikasi AMSI di Sekretariat AMSI Sulut, Kamis 21 Februari 2019.

Dewan Pers Verifikasi AMSI Sulut

MANADO, publikreport.com – Dewan Pers, Kamis 21 Februari 2019, melakukan verifikasi terhadap Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Verifikasi ini terkait AMSI menjadi konstituen Dewan Pers.

Verifikasi dipimpin Hendry CH Bangun dan Christina Chelsie Tan (Tenaga Ahli Dewan Pers) berlangsung di Sekretariat AMSI Sulut. Kepada pengurus/pemimpin media online yang tergabung dalam AMSI Sulut, Hendry CH Bangun menekankan agar semua dapat memenuhi persyaratan sebagaimana yang menjadi konsen Dewan Pers.

“Utamanya terkait konten yang berkualitas dan pengelolaan perusahaan pers secara profesional. Termasuk yang penting adalah badan hukum yang benar-benar hanya mengelola media siber dan tidak campur aduk dengan aktivitas lain sehingga bisa menjaga independensi media,” jelasnya.

Kepada Pengurus  AMSI Sulut, Dewan Pers meminta daftar keanggotaan media siber yang bernaung di bawah AMSI Sulut, dokumen legal perusahaan pers dan bukti terbit. Terkait organisasi AMSI, juga ditanyakan kegiatan dan program kerja yang telah dilakukan AMSI setahun terakhir.

“Kelihatannya untuk verifikasi organisasi tidak masalah. Tinggal keanggotan yakni media-media yang tergabung dalam AMSI Sulut yang harus diperbaiki item-item yang sesuai syarat Dewan Pers. Seperti slip gaji, gaji sesuai UMP (Upah Minimum Provinsi), kode perilaku perusahan dan lain-lain,” kata Hendry yang diamini Christina Chelsie  Tan.

BACA JUGA: AMSI Segera Diverifikasi Dewan Pers

Atas pelaksanaan verifikasi ini, Pengurus AMSI Sulut mengucapkan terima kasih.

“Puji syukur, verifikasi AMSI Sulut oleh Dewan Pers berjalan lancar. Ini membuktikan AMSI sangat siap untuk menjadi konstituen Dewan Pers dan membantu mewujudkan masyarakat pers, khususnya media siber yang berkualitas dan bertanggung jawab bagi publik,” kata Ketua AMSI Sulut, Agustinus Hari yang didampingi Sekretaris AMSI Sulut, Supardi Bado.

Diketahui, AMSI Sulut merupakan provinsi keempat yang diverifikasi Dewan Pers. Sebelumnya telah dilakukan verifikasi AMSI Jawa Timur (Jatim), Sumatera Utara (Sumut) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

AMSI Sulut terbentuk melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 14 Oktober 2018. AMSI Sulut menjadi wilayah kedua yang ada, sejak AMSI Nasional melaksanakan Kongres 1 di Jakarta pada 2017.

Berikut media siber yang menjadi anggota AMSI Sulut:

  1. tribunmanado.co.id
  2. beritamanado.com
  3. publikreport.com
  4. barta1.com
  5. beritakawanua.com
  6. zonautara.com
  7. satubmbr.com
  8. portalmongondow.com
  9. kabarmanado.com
  10. kabarpost.com
  11. mediatotabuanonline.com
  12. manadosiana.com
  13. kroniktotabuan.com || VERONICA DSK

Leave a Reply