Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sudah Diresmikan, Rumah Sakit Ini Belum Beroperasi

TAHUNA, publikreport.com – Pada 31 Januari 2018 lalu, Rumah Sakit (RS) Pratama Liung Paduli di Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe diresmikan. Namun, masyarakat merasa heran dan bertanya-tanya mengapa rumah sakit tersebut tak kunjung difungsikan/dioperasikan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jopi Thungari saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 21 Februari 2019 mengaku tidak gampang untuk mengoperasikan rumah sakit. Banyak yang disiapkan agar dapat beroperasi secara maksimal.

“Personil. Itu salah satu. Semua harus dipikirkan secara matang,” jelasnya.

BACA JUGA: Di 3 Tahun Kepemimpinan, VAP Resmikan 3 Bangunan Instalasi RSUD Maria Walanda Maramis

BACA JUGA: RS di Bolmong Penting, Nustar Butuh Anggaran Pendidikan

Mengoperasikan RS Pratama Liung Paduli, Jopi mengatakan, terus diupayakannya, namun belum dapat memastikan.

“Anggaran operasional RS Pratama itu sudah tertata di Dinkes Sangihe sebesar Rp5 miliar. Dana ini untuk belanja obat-obatan, pembayaran listrik serta air bersih,” ungkapnya.

Mengenai tenaga kesehatan, Jopi menjelaskan, nantinya akan disiapkan dokter yang lolos dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 lalu. Sedangkan perawat masih akan disesuaikan anggarannya.

“Ada lima dokter dan delapan perawat yang akan disiapkan. Honor perawat akan dilihat sesuai dengan anggaran. Kebijakan sekarang ini kami berencana merekrut tenaga kesehatan berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS),” jelasnya. | ARIFIN M

Leave a Reply