Ilustrasi. Ormas
Ilustrasi. Ormas

Kesbangpol Bentuk Tim Pengawasan Ormas

AIRMADIDI, publikreport.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Daniel Komenaung mengungkapkan, pihaknya akan membentuk Tim Terpadu Pengawasan Orgasisasi Kemasyarakatan (Ormas). Tim ini dibentuk menyusul maraknya Ormas dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) di daerah itu.

“Tinggal ditandatangani ibu bupati dan   tim sudah bisa menjalankan fungsinya,” ungkap Daniel, Selasa 26 Februari 2019.

Pembentukan tim ini, menurut Daniel mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 57 tahun 2017, dimana beberapa stakeholders, seperti Kesbangpol, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Kejaksaan Negeri (Kejari), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan unsur intelejen ikut terlibat dalam tim ini serta sebagai penanggungjawab adalah Bupati Kabupaten Minut.

Saat ini, Daniel mengatakan di Kabupaten Minut tercatat ada sebanyak 21 Ormas.

BACA JUGA: Olly Ajak Ormas Adat Jadi Agen Perubahan

BACA JUGA: Dua Parpol Terancam Tak Terima Bantuan

BACA JUGA: Heboh di Medsos Ada Teroris di Minut

“Ormas di Minut berjumlah 21 dan akan diawasi tim ini nantinya. Demikian juga dengan Ormas dari daerah lain maupun pusat akan ikut diawasi nantinya,” katanya.

Ormas yang ada di Minut, Daniel mengimbau, agar bisa mendaftar kembali.

“Untuk ormas yang strukturnya secara nasional, wajib menyampaikan laporan secara berkala, baik mengenai kegiatan ataupun ada pergantian pengurus. Kami berharap, ormas atau LSM bisa fokus dalam satu kegiatan, sehingga pengurusnya bisa bersinergi dengan pemerintah,” imbaunya. | GLENLY B

Leave a Reply