Ilustrasi.
Ilustrasi.

Selain Militer, Batan: Nuklir Juga Dimanfaatkan Untuk …

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Deputi Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Bidang Teknologi Nuklir, Suryantoro menjelaskan, nuklir tidak hanya dikembangkan di dunia militer. Namun juga digunakan pada bidang peternakan, kesehatan, energi dan bidang lainnya.

“Untuk diketahui telah banyak hasil teknologi pemanfaatan nuklir untuk berbagai bidang, namun belum diketahui oleh masyarakat umum,” jelas Suryantoro pada sosialisasi hasil penelitian dan pengembangan (litbang) Batan di Balai Kelurahan Wailan, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 05 Maret 2019.

Pemanfaatan nuklir dalam bidang pertanian, Suryantoro memaparkan, telah menghasilkan beragam varietas unggul tanaman pangan seperti kedelai, kacang hijau, sorgum, kacang tanah dan gandum tropis. Bahkan untuk tanaman padi, pemanfaatan nuklir teknik mutasi radiasi yang berkontribusi pada lebih dari 10 persen unggul nasional, telah menghasilakan 23 varietas.

“Tujuan pemanfaatan nuklir ini, yakni untuk meningkatkan produksi tanaman padi unggul menjadi lebih unggul, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian tanaman padi bagi para petani,” ujarnya.

Nuklir Akan Masuk Program Bauran Energi pada 2025

Leave a Reply