Ilustrasi, surat suara Pemilu 2019.
Ilustrasi, surat suara Pemilu 2019.

Surat Suara Pemilu 2019 Mulai Dilipat

POLITIK

TAHUNA, publikreport – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ellyse Sinadia mengatakan, tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 saat ini adalah penanganan logistik, surat suara yang sudah mulai dilipat. Surat suara ini mencakup untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Caleg), yakni Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, kabupaten dan kota.

“Pelipatan surat suara Pemilu serentak 2019 dimulai sejak Senin 04 Maret 2019, sekitar jam 10.00 WITA. Pelipatan suarat suara dilakukan di lantai dua Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan pengamanan dan pengawalan dari aparat berwajib,” jelas Ellyse.

BACA JUGA: KPU Sesalkan Adanya Pengrusakan APK

BACA JUGA: Mereka yang Berebut Suara Rakyat

Mereka yang melakukan pelipatan surat suara, Ellyse menjelaskan, terdiri dari para relawan demokrasi, Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe, serta masyarakat sekitar yang dipercaya. Hari pertama pelipatan surat suara dilibatkan sebanyak 130 orang. Namun karena karena jumlah surat suara yang banyak, kemungkinan KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe akan menambah tenaga hingga menjadi 150 orang untuk pelipatan surat suara.

“Sesuai rencana pelipatan surat suara berlangsung selama satu minggu. Perkiraan hingga Minggu 12 Maret 2019,” ujarnya. | ARIFIN M

Leave a Reply