Dinas Kelautan dan Perikanan (DinKP) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa 12 Maret 2019 mengumpulkan para nelayan penerima bantuan kapal pajeko pada tahun 2015.
Dinas Kelautan dan Perikanan (DinKP) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa 12 Maret 2019 mengumpulkan para nelayan penerima bantuan kapal pajeko pada tahun 2015.

Bantuan Kapal Pajeko Bermasalah, Nelayan Dikumpul DinKP

TAHUNA, publikreport.com – Bantuan kapal pajeko tahun 2015 bagi nelayan di Kabupaten Kepulauan Sangihe mengalami permasalahan. Bantuan ini ternyata belum mengantongi dokumen kapal permanen. Akibatnya beberapa waktu lalu, masyarakat nelayan penerima bantuan sempat melakukan demo ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DinKP) Sangihe. Nelayan menuntu agar dokumen kapal segera diterbitkan.

Mengatasi masalah tersebut, Kepala DinKP Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ernist Unas mengaku pihaknya Selasa 21 Maret 2019, sudah melakukan pertemuan dengan para nelayan serta pihak syahbandar.

“Para nelayan minta agar dokumen-dokumen seperti surat ukur, SIUP, SIPI kapal untuk segera ada rekomendasi dari DinKP atau instansi terkait,” jelas Ernist kepada sejumlah wartawan, Selasa 21 Maret 2019.

BACA JUGA: Bupati Tolak Bantuan Pemerintah Pusat

BACA JUGA: Gelar Konsolidasi, Nelayan Sulut Ungkapkan Berbagai Persoalan

Dalam pertemuan dengan para nelayan, Ernist mengatakan, pihaknya mencari jalan keluar agar permasalahan dokumen kapal segera teratasi.

“Kami dari DinKP akan melengkapi kekurangan dokumen tersebut. Nantinya akan kami bawa ke provinsi. Karena  ukuran GT 10 sampai 30 itu kewenangan dari Provinsi,” ungkapnya.

Nelayan, apakah kecil atau besar, Ernist menegaskan, tetap harus dilindungi.

“Kami akan memberikan perlindungan kepada mereka. Karena nelayan itu memiliki kewenangan yang harus dipenuhi,” ujarnya. | ARIFIN M

Leave a Reply