Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019 Selesai

POLITIK

TAHUNA, publikreport.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ellyse Sinadia menyatakan, proses pelipatan surat suara yang dimulai Senin 03 Maret 2019, sudah selesai, Sabtu 09 Maret 2019. Selama proses pelipatan surat suara mendapat pengawasan dan pengamanan aparat berwajib dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Berlangsung lancar dan aman. Kepolisian dan Bawaslu turut memantau langsung pelaksanaannya. Selain itu, para peserta yang melakukan pelipatan surat suara juga sudah bertugas dengan baik dan tertib,” jelas Ellyse Sinadia

Usai dilipat, menurut Ellyse, surat suara disimpan pada tempat yang sudah disiapkan di Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan tetap dalam pengamanan aparat berwajib. Hal juga juga diperlakukan pada surat suara yang rusak.

“Semua surat suara tersebut sudah disimpan sesuai tempatnya masing-masing,” ujarnya.

BACA JUGA: Surat Suara Pemilu 2019 Mulai Dilipat

BACA JUGA: Mereka yang Berebut Suara Rakyat

BACA JUGA: Dugaan Kampanye di Sekolah, Bawaslu: Kami Sudah Melakukan Investigasi

Penanganan lebih lanjut terhadap semua surat suara itu, Ellyse melanjutkan, masih akan dikoordinasikan lagi, seperti untuk proses penyortiran. Sesuai tahapan, Ellyse melanjutkan minus 15 hari sebelum pencoblosan 17 April 2019, maka sudah bisa dilakukan, termasuk proses pendistribusiannya ke wilayah-wilayah.

Surat suara tersebut untuk Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, kabupaten, kota. | ARIFIN M

Leave a Reply