Sebagian kecil lahan pertanian yang ada di Rurukan Kecamatan Tomohon Timur Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). (Foto: publikreport.com)
Sebagian kecil lahan pertanian yang ada di Rurukan Kecamatan Tomohon Timur Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). (Foto: publikreport.com)

Yuk, Jalan-jalan di Kota Tomohon

Sobat, tahu tidak letak Tomohon? Tomohon kini sudah berstatus Kota Otonom, letaknya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pemandangan alam yang indah didukung dengan keramahtamahan masyarakatnya. Tak percaya silahkan datang saksikan sendiri. Hehehe…

Kota Tomohon berada pada ketinggian 900-1100 meteri dari permukaan laut (dpl) terletak pada 1°15′ Lintang Utara dan 124°50′ Bujur Timur.

Kota yang diapit sejumlah gunung berapi dan bukit ini berjarak sekitar 26 kilometer (km) dari Kota Manado (ibukota Provinsi Sulut). Gunung berapi yang mengapit Kota Tomohon, yakni Gunung Lokon (1.580 meter) dan Gunung Mahawu (1.311 meter) serta Gunung Masarang, Bukit Wawo.

Ragey
Pangi dan Saut
Tinoransak, Masakan Rumahan Khas Tanah Minahasa
RW (baca: erwe)

Untuk datang ke kota yang bersuhu antara 30 derajat celcius (waktu siang) hingga 18-22 derajat celcius di waktu malam hari, Anda dapat menggunakan kendaraan angkutan umum (taksi, bus, taksi gelap, taksi online) atau menyewa kendaraan bermotor roda empat dan dua. Di Kota Manado dan Tomohon banyak rental-rental kendaraan bermotor. Tapi, waktu tempuh yang idealnya hanya sekitar 45 menit dari Kota Manado ke Tomohon, mungkin saja akan lebih, jika keadaan lalu lintas tidak sedang macet.

Perut keroncongan, tak usah takut, banyak rumah makan tersedia di sepanjang jalan menuju ke Kota Tomohon. Rumah makan-rumah makan ini menyediakan berbagai macam menu, mulai dari menu nasional, chinese food, minahasa food dan lain-lain. Tergantung selera lidah Anda.

Gunung Mahawu Milik Dua Daerah

Soal penginapan, tak perlu ragu, karena meski soal hotel dan guest house masih terbilang minim tapi sudah tersedia. Harganya bervariasi, namun masih terjangkau. Memang kebanyakan wisatawan yang datang ke Kota Tomohon yang dihuni sebagian besar masyarakat Tombulu, masih menginap di hotel-hotel yang ada di Kota Manado.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dan menjemukan (jika macet dari Kota Manado atau Bandara Sam Ratulangi), tiba di Kota Tomohon, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Di mana saja Anda berdiri pasti menyaksikan alam yang indah dan sapaan masyarakat yang ramah. Wow, keren kan….

Kios-kios Kerajinan Anyaman Bambu di Kinilow Tomohon Utara
Anyaman Bambu, Keahlian Turun-Temurun
Perajin Anyaman Bambu Kinilow yang ‘Terlupakan’
Florist di Kakaskasen

Ingin benar-benar menikmati keindahan Kota Tomohon, Anda dapat mengunjungi objek-objek wisata yang banyak tersebar di 44 kelurahan yang ada di 5 kecamatan. Wilayah Kota Tomohon terbilang kecil, untuk menikmati alamnya Anda dapat berjalan kaki atau menyewa bendi (alat transportasi tradisional) atau menggunakan kendaraan bermotor roda empat (mobil) dan dua (motor).

Leave a Reply