Sophia Latjuba membuka kandang Tari yang dilepasliarakn di TNBBBR. (Foto: BOSF)
Sophia Latjuba membuka kandang Tari yang dilepasliarakn di TNBBBR. (Foto: BOSF)

Sophia dan Sherina Bertemu Orangutan

Apa jadinya kalau dua selebrita berinteraksi dengan orangutan? Inilah yang dialami oleh aktris Sophia Latjuba dan penyanyi Sherina Munaf. Keduanya mengamini pengalaman bertemu langsung dengan orangutan adalah sesuatu yang menakjubkan. Pengalaman luar biasa yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Sophia mengaku, dirinya adalah seorang yang menyukai alam dan tantangan. Begitu mendapatkan kesempatan melepasliarkan orangutan, hal itu tak disia-siakan. Meski harus melengkapi sejumlah persyaratan, menempuh berjam perjalanan jauh ke tengah hutan dengan perjalanan darat dan perahu kelotok, ia sangat menikmati perjalanan tersebut.

Momen paling mengesankan saat buka kandang orangutan bernama Tari pada April 2018 lalu. Begitu dibuka, ia naik pohon di dekatnya. Tapi sebelum itu, dia sempat berhenti sebentar dan melihat sekeliling. Seperti mau bilang terima kasih,” ujarnya di sela diskusi yang diadakan Borneo Orangutan Survival Foundation [BOSF] di Plaza Indonesia, Jakarta, belum lama ini.

Sophia mengaku, sempat agak gugup meski sudah diberi penjelasan dan pengarahan, ada jalur evakuasi, penjaga yang bersiaga. Tapi begitu saat membuka tiba, spontan dengan tangan kanan. “Jadi, mukaku nggak kelihatan difoto,” ujarnya sambil tertawa.

Ikatan antara dia dan Tari, diakuinya terbentuk selama perjalanan menuju tempat pelepasliaran. Selama di kelotok, dia sempat memberi makan Tari yang berada di kandang.

Meski berinteraksi tak cukup lama, Sophia merasakan ada kontak batin. Dari matanya, menurut dia, sepertinya tahu akan dilepasliarkan.

Saya bukan baby sitter, atau gurunya. Baru bertemu saat itu, bagaimana mereka yang sehari-hari bersama dia? Itu sangat hebat dan tidak bosan untuk diulang,” ujarnya.

BACA JUGA: Kampanye Stop Makan Daging Anjing dan Kucing di Tomohon

Leave a Reply