Iptu Angga Maulana, Kasat Reskrim Polres Sangihe.
Iptu Angga Maulana, Kasat Reskrim Polres Sangihe.

Kasus Kekerasan Anak Berujung Damai

HUKUM

TAHUNA, publikreport.com – Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Sangihe, Inspektur Satu (Iptu) Angga Maulana mengatakan, kasus dugaan kekerasan terjadinya tindak pidana penganiayaan terhadap seorang anak di bawah umur, Syamsudin Makaluas (16) sudah berakhir damai antara kedua belah pihak.

Pihak terlapor mempunyai itikad baik untuk membantu korban. Niat baik ini diterima pihak korban. Apalagi antara korban dan terlapor masih ada hubungan keluarga,” jelas Angga kepada wartawan serta keluarga korban dan terlapor, Kamis 28 Maret 2019, di ruang kerjanya.

Sesuai Undang-Undang (UU), menurut Angga, pihaknya (polisi) sudah menerima dan membuat laporan serta pemeriksaan terhadap terlapor, saksi-saksi bahkan korban sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) kepolisian.

BACA JUGA: LPA Sulut: Tindak Tegas Oknum Aparat ‘Penculik’ dan ‘Penyiksa’ Anak

Jalan damai ditempuh oleh pihak korban, tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun. Termasuk pihak kepolisian tidak berpihak kepada siapapun, baik itu korban maupun terlapor. Jalan damai antara pihak korban dan terlapor juga sudah dilakukan lewat pertemuan di depan pemerintah desa masing-masing. Rekaman video dan foto dibawa ke kepolsiian,” jelasnya.

Pencabutan laporan atas kasus ini, Angga mengatakan, merupakan hak dari pelapor. Sebab, menurutnya, kasus ini adalah delik aduan.

Kami tidak memaksa kepada pelapor untuk melanjutkan atau mencabut laporan,” tambahnya. | ARIFIN M

Leave a Reply