Ilustrasi, Bunaken.
Ilustrasi, Bunaken.

Sampah Kepung Bunaken, Siapa Bertanggung Jawab?

MANADO, publikreport.com – Sejumlah tokoh masyarakat dan pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menilai sampah plastik yang terus mencemari Taman Laut Bunaken berasal dari Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon dan Manado. Sampah ini mengalir sehingga mengepung Pulau Bunaken melalui Daerah Aliran Sungai (DAS) yang bermuara di Kota Manado.

Sampah plastik ini datang dari sungai-sungai yang hulunya di Kabupaten Minahasa, Tomohon yang bermuara di Kota Manado. Namun, demikian sampah plastik ini banyak juga yang dibuang sembarangan oleh warga Kota Manado. Pemerintah Kota Manado harus bertanggung jawab,” kata Johnson Pae, warga Bunaken, salah satu warga yang hadir pada Gerakan Sadar Wisata di Pantai Indah Kalasey, Sabtu 30 Maret 2019.

Pembiaran terhadap permasalahan sampah, sambung Steven Hontong, salah satu pegiat LSM dari Kecamatan Bunaken, Kota Manado. Menurutnya, jika pemerintah serius dapat menempatkan personil di muara-muara sungai yang ada.

Begitu banyak personil Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan staf instansi lain terkait yang bisa ditempatkan di muara-muara sungai Pantai Manado untuk menjaring sampah-sampah plastik, juga memberikan edukasi, kesadaran kepada warga, agar tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Leave a Reply