dr Maya Rambitan MKes, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa.
dr Maya Rambitan MKes, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa.

Apa Penyakit yang Paling Banyak Diderita Tou Minahasa?

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa, dr Maya Rambitan MKes mengungkapkan, penyakit yang paling banyak diderita orang (tou) Minahasa, yakni asam urat (AU) dan hipertensi (darah tinggi).

Secara keseluruhan, dari data yang kami himpun, penderita hipertensi dan asam urat paling mendominasi dalam perawatan medis di Kabupaten Minahasa. Artinya dua penyakit ini yang paling banyak menyerang orang Minahasa,” jelas dr Maya Rambitan kepada publikreport.com di ruang kerjanya.

BACA JUGA: Penyakit di Manado: Ispa Teratas Disusul Hipertensi

Penyakit asam urat dan darah tinggi ini, menurut Maya, kebanyakan diderita masyarakat yang berusia di atas 40 tahun. Tapi, penyakit ini, sambung mantan Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kawangkoan ini, tidak hanya menyerang kelompok orang dewasa lagi, melainkan sudah menyeluruh pada semua kelompok usia.

BACA JUGA: 8 Kebiasaan Buruk yang Diam-diam Jadi Pembunuh

Kepada penderita penyakit asam urat, Maya menganjurkan, menghindari sayuran berwarna hijau dan jangan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi.

BACA JUGA: Tekanan Darah Anda Tinggi? Lakukan Ini

Terkait penyakit ini, Maya menambahkan, Dinkes Minahasa tengah fokus melaksanakan program pemeliharaan dan pemulihan kesehatan di 100 titik yang tersebar di 25 kecamatan. | JOPPY JW

Leave a Reply