Asrama dan ruang praktek siswa (RPS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan (PP) Negeri Kalasey, Kabupaten Minahasa, Rabu 10 April 2019, diresmikan Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey.
Asrama dan ruang praktek siswa (RPS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan (PP) Negeri Kalasey, Kabupaten Minahasa, Rabu 10 April 2019, diresmikan Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey.

Asrama SMK PP Negeri Kalasey Diresmikan

PENDIDIKAN

“Saya optimis dengan sarana penunjang pendidikan yang representatif ini akan mempu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pertanian Sulut,” kata Olly usai penekanan tombol sirene pembuka tirai selubung papan nama asrama dan penandatanganan prasasti.

Dengan adanya fasilitas ini, Olly menyatakan, tentunya menjadi kebanggaan semua pihak.

“Dua tahun lalu saya mengunjungi tempat ini dan melihat besarnya potensi sekolah ini untuk menunjang pertanian Sulut. Karenanya dengan adanya asrama baru ini akan membuat seluruh siswa yang tinggal pun nyaman untuk belajar dan tinggal di asrama,” ujarnya.

Peningkatan SDM di sektor pertanian, menurut Olly, telah menjadi komitmen Pemerintah Provinsi Sulut, dengan membiayai penuh semua pembangunan fsisik dan kebutuhan siswa SMK PP Kalasey selama tinggal di asrama.

“Sekolah ini full biayanya dari pemerintah daerah termasuk biaya tempat tinggalnya. Seluruh siswa yang bersekolah di sini berasal dari 15 kabupaten dan kota di Sulut,” jelasnya, seraya mengatakan, SMK PP Kalasey ini, Olly melanjutkan, memiliki 706 siswa.

BACA JUGA: Asrama Mahasiswa Sangihe di Tondano Didesain 4 Lantai

BACA JUGA: Konflik Panjang Petani Tondangow dan PT PGE Area Lahendong

BACA JUGA: Sekolah Kotor, Gubernur Geram

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulut, Olly mengungkapkan, 70 persen bersumber dari sektor pertanian.

“Sekarang ini banyak turis yang mengunjungi Sulut sehingga kita harus mampu menyuplai produk holtikultura yang menjadi kebutuhan para wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnu) selama berlibur di Sulut,” jelasnya.

Turut hadir dalam peresmian ini, antaranya Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dintanak) Sulut, Novly Wowiling, Kepala Dinas Pendidikan Sulut, Grace Punuh dan Kepala SMPK PP Negeri Kalasey, Jemmy Jermias. | DORANG

Leave a Reply