Ilustrasi, data Bawaslu.
Ilustrasi, data Bawaslu.

Bawaslu: 14 Pengawas Pemilu Meninggal

POLITIK

JAKARTA, publikreport.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, merilis data hingga Minggu 21 April 2019, sebanyak 14 personil pengawas Pemilu (Pemilihan Umum) serentak 17 April 2019, meninggal dunia diberbagai lokasi. 85 orang harus rawat inap, 37 dirawat jalan, 15 orang mengalami tindak kekerasan, dan 74 orang mengalami kecelakaan.

Hormat terdalam dan doa tertulus bagi para pahlawan demokrasi yang sepenuh hati mengabdi dalam mengawal proses demokrasi di seluruh Indonesia. Pengorbanan mereka merupakan tonggak demokrasi bangsa,” tulis akun Instagram Bawaslu yang diunggah beberapa saat lalu.

BACA JUGA: Oknum Pala Larang Warga Jadi Petugas TPS

Pemilu 17 April 2019, banyak kalangan menilai merupakan pekerjaan yang benar-benar melelahkan dan butuh pengorbanan besar. Apalagi Pemilu kali ini dengan pemungutan dan penghitungan lima surat suara, yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang meliputi, DPR, DPD RI dan DPRD provinsi, kota, kabupaten.

BACA JUGA: Warga: Bawaslu Tak Berbuat Apa-apa

Tidak mengherankan jika banyak petugas Pemilu, baik aparat keamanan, petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), saksi, dan juga para pengawas Pemilu mengalami kelelahan, dan bahkan ada yang meninggal dunia. | DORANG

Leave a Reply