Puncak Bukit Tetetana. (foto: publikreport.com)
Puncak Bukit Tetetana. (foto: publikreport.com)

Bukit Tetetana, Minahasa Punya, Tomohon yang Terkenal

Objek wisata Bukit Tetetana dapat dikatakan sudah menjadi destinasi wisata yang cukup dikenal masyarakat. Objek wisata pemandangan alam ini oleh banyak orang mengiranya berada di wilayah Kota Tomohon. Padahal tidak objek wisata ini, masuk wilayah Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utaraa (Sulut).

“Kawasan Tetetana itu masuk wilayah Desa Suluan, Kabupaten Minahasa,” jelas beberap orang tua, warga Kelurahan Kumelembuai saat berbincang dengan publikreport.com.

Meski masuk wilayah Desa Suluan, namun menurut mereka, sebagian besar kebun-kebun yang ada di sekitar Bukit Tetetana adalah milik warga Kelurahan Kumelembuai.

Wilayah Suluan, mereka melanjutkan, cukup besar di sisi sebelah timur dan utara Kelurahan Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur. “Wilayah Suluan memanjang dari cot satu (Bukit Tintingon) kemudian naik ke arah Gunung Mahawu,” ungkap mereka.

Di lereng Gunung Mahawu, mereka mengungkapkan, terdapat lahan yang berupa hutan lindung yang terus menjadi sengketa. Pasalnya, ada pihak yang mengklaim hutan itu adalah miliknya.

“Sumber air kami adalah dari mataair dari Gunung Mahawu, namun dapat dikatakan debit air makin mengecil karena adanya perambahan hutan. Agar kelestarian alam terjaga kami masyarakat kerap berjaga-jaga dan kerap menegur mereka yang akan masuk merambah hutan di lereng Gunung Mahawu,” tambah mereka. | DORANG

Leave a Reply