Olvi Kalengkongan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Minut. (foto: publikreport.com)
Olvi Kalengkongan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Minut. (foto: publikreport.com)

Tanggulangi BPJS Pemkab Rogoh Rp1,28 M/Bulan

MINUT, publikreportcom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) setiap bulannya harus mengeluarkan sedikitnya sekitar Rp1,28 miliar per bulan untuk membayar asuransi kesehatan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Anggaran ini untuk menanggulangi 55.800 warga minut yang masuk dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kelas 3 di BPJS Kesehatan yang setiap bulannya rata-rata Rp23 ribu/orang.

“Jumlah warga Minut sesuai data Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Dincapilduk) Minut sebanyak kurang lebih 220 ribuan. Namun yang masuk terdaftar di BPJS Kesehatan sebanyak 219.086, dimana 55.800 orang diantaranya dibayar Pemkab Minut melalui Jamkesda,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minut, Olvi Kalengkongan kepada wartawan, Rabu 15 Mei 2019.

BACA JUGA: Pelayanan BPJS Kesehatan dan PMI Dinilai Belum Maksimal

Banyaknya peserta BPJS Kesehatan, menurut Olvi, menandakan masyarakat sudah sadar akan pentingnya asuransi kesehatan bagi mereka. Dinkes Minut sendiri optimis jika tahun ini, seluruh masyarakat Minut sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

BACA JUGA: Warga Kecewa RSUD Anugerah Tak Terima Pasien BPJS

“Kami sangat optimis akan capai target tahun ini,” tegasnya.

BACA JUGA: Minut Koleksi 326 Perusahaan, Bagaimana dengan Kepesertaan BPJS?
BACA JUGA: Pengguna BPJS Gratis Merasa Dianak Tirikan
BACA JUGA: Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan

Diketahui, sejak 01 Januari 2014, asuransi kesehatan dari pemerintah yang dikenal dengan Askes (Asuransi Kesehatan) berganti nama menjadi BPJS Kesehatan. Badan hukum ini dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan dan semua penduduk Indonesia wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan. | GLENLY B

Leave a Reply