Yansen Tulung, Kabid Perijinan DinPMPTSP Kabupaten Minut.
Yansen Tulung, Kabid Perijinan DinPMPTSP Kabupaten Minut.

DinPMPTSP: Minimarket Wajib Miliki IMB

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Bidang (Kabid) Perijinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DinPMPTSP) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Yansen Tulung, pembangunan minimarket wajib memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), kendati hanya renovasi saja.

“Minimarket hanya menyewa tempat dan wajib mengurus IMB usaha. Kewajiban ini harus dilakukan pemilik bangunan karena sudah merubah rumah menjadi tempat usaha,” tegasnya.

IMB, menurut Yansen, dibutuhkan dan bermanfaat untuk mendapatkan kepastian dan perlindungan hukum pada bangunan yang akan dibangun, agar ketika bangunan itu berdiri tidak akan mengganggu dan merugikan kepentingan orang lain. Disisi lain, memiliki IMB akan meningkatkan nilai jual rumah dan juga sebagai jaminan atau agunan.

Dalam waktu dekat, Yansen mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap pembangunan yang sementara dilakukan warga, namun tidak mengantongi IMB.

“Kami memiliki tim pengawasan yang akan turun dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Swasta Berperan Penting Dalam Pembangunan

BACA JUGA: Pembangunan Dianggap Masih Sesuai RTRW

BACA JUGA: Kapan Merasakan Manisnya Pembangunan Infrastruktur

IMB, tambah Yansen, adalah perizinan yang diberikan oleh kepala daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

“Pengawasan ini penting mengingat pembangunan di Minut dibiayai oleh pajak dan retribusi dari masyarakat,” katanya.

Saat ini, perkembangan usaha minimarket berupa Alfamart, Indomart dan Alfamidi di Kabupaten Minut terus melebarkan sayapnya hingga ke penjuru wilayah di kabupaten tersebut. Bahkan hampir setiap desa sudah ada minimarket. | GLENLY B

Leave a Reply