Sosialisasi aplikasi Sistim Informasi Keluarga (SIGA) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).
Sosialisasi aplikasi Sistim Informasi Keluarga (SIGA) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Minut Terapkan Aplikasi SIGA

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinPPKB) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Theodora Luntungan mengemukakan, pengelolaan data keluarga dapat menggunakan aplikasi Sistim Informasi Keluarga (SIGA). Ini merupakan kewajiban pemerintah pusat dan pemerintah provinsi serta kabupaten/kota dalam mengumpulkan, mengolah data serta informasi program kependudukan dan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Kami sudah terapkan aplikasi SIGA dan itu sangat baik untuk mendata keluarga,” kata Theodora disela sosialisasi pengelolaan SIGA yang diikuti Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Minut, Senin 20 Mei 2019.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini, menurut Theodora, untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi SIGA dalam pengelolaan data statistik rutin, berupa pelayanan KB dan pengendalian lapangan.

“Untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan peserta dalam pengelolaan data statistik serta penggunaan aplikasi manajemen wilayah dan user pada aplikasi SIGA ,” jelasnya.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Data dan Informasi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Verry Laurens selaku narasumber mengatakan, sosialisasi ini akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang mekanisme pelaksanaan dan monitoring dan evaluasi (monev) uji coba SIGA.

Dalam sosialisasi, dirinya menyampaikan materi Kebijakan dan Strategi Penguatan Data dan Informasi Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga melalui Sistem Informasi Keluarga. | GLENLY B

Leave a Reply