Ilustrasi.
Ilustrasi.

Virus Monkeypox, Warga Diimbau Jangan Panik

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengimbau warga supaya tidak panik dengan beredaranya pemberitaan tentang virus monkeypos atau penyakit cacar monyet.

Sebagaimana pemberitaan dan informasi dari pemerintah yang saya dengar, terima, penyakit cacar monyet ini belum ada kasus di Indonesia,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Minut, dr Rina Widyawati MKes yang didampingi Sekretaris Dinkes, Olvy Kalengkongan kepada wartawan, Selasa 21 Mei 2019.

Meski demikian, Rina mengimbau warga agar tetap waspada, karena penyebaran virus monkeypos bisa melalui hewan. Masyarakat diharapkannya supaya melaporkan kepada petugas kesehatan bila melihat sanak-saudara maupun teman yang terkena penyakit yang tidak biasanya.

BACA JUGA: Waspada Monkeypox atau Cacar Monyet, Kenali Gajalanya!

“Saya harap warga untuk hidup bersih dan sehat. Warga juga jangan takut karena pemerintah sudah melakukan pencegahan lewat pemeriksaan di bandara (bandar udara),” imbaunya.

Diketahui, cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus dan ditularkan pada manusia melalui hewan, terutama di kawasan Afrika Tengah dan Barat. Umumnya penularan diakibatkan oleh kontak dengan hewan terinfeksi, seperti tikus atau hewan pengerat lain. Namun, penularan dari manusia ke manusia juga dapat terjadi lewat kontak dekat dengan sekresi saluran pernapasan yang terinfeksi, luka pada kulit penderita, atau objek yang telah terkontaminasi cairan tubuh penderita. Meski demikian, situs resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO) menulis bahwa penularan pada manusia ini sangatlah terbatas. | GLENLY B

Leave a Reply