Martinus Ering, Tokoh Masyarakat Tomohon.
Martinus Ering, Tokoh Masyarakat Tomohon.

Tokoh Masyarakat Tomohon Apresiasi Polri dan TNI

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Apresiasi khusus diberikan masyarakat Kota Tomohon atas kesigapan aparat gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam menghadapi dan mengamankan aksi unjuk rasa yang berujung adanya perusuh pada aksi 22 Mei 2019 di Jakarta, pasca pengumuman rekapitulasi suara Pemilihan Presiden (Pilpres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pengumuman KPU dimana pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres/Cawapres), Jokowi-Ma’ruf memperoleh suara terbanyak Pilpres 2019, dan diduga ada kelompok yang menentang hasil itu dan melakukan aksi unjuk rasa yang berujung pada kerusuhan ibukota negara, Jakarta.

“Terima kasih kepada TNI dan Polri yang sudah memberikan rasa aman bagi warga. Aparat gabungan telah berjuang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Tokoh Masyarakat Tomohon, Martinus Ering.

Proses hukum kepada mereka yang tertangkap maupun yang diduga terlibat karena Polri masih melakukan penyelidikan dan penyidikan, menurut Martinus, harus berjalan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Disisi lain, Martinus yang pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa dan di Kota Tomohon ini juga mengucapkan keprihatinan karena adanya korban, baik di pihak Polri/TNI maupun warga.

Meski saat ini pihak Capres/Cawapres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah menempuh gugatan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) Pilpres (Pemilihan Presiden) ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun Marthinus mengucapkan, selamat kepada pasangan Capres/Cawapres, Jokowi-Ma’ruf yang memperoleh suara terbanyak sebagaimana pengumuman KPU.

“Sistim demokrasi di Indonesia telah diakui negara-negara lain di dunia ini. Pihak yang tidak puas dengan hasil Pemilu dapat mengajukan gugatan ke MK. Hasil yang diputuskan harus dihormati setiap warga negara,” ujarnya.

Masyarakat, khususnya yang ada di Kota Tomohon, Martinus mengimbau agar terus bersama-sama Polri yang dibackup TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban, mempertahankan NKRI, Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. | DORANG

Leave a Reply