Donfree Pijoh, warga Kota Tomohon/musisi indie.
Donfree Pijoh, warga Kota Tomohon/musisi indie.

Lagu Musisi Tomohon Masuk iTunes, Spotify dll

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Musisi indie adalah sekelompok musisi yang berdiri secara independen atau mandiri yang menerima banyak sekali manfaat dari era digital. Saat ini musisi indie tanpa harus kontrak dengan label besar, namun karya mereka bisa dipasarkan melalui platform digital yang semakin banyak menghiasi smartphone.

Warga Kota Tomohon pada khususnya dan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) pada umumnya patut berbangga, pasalnya salah satu musisi indie, asli Kota Tomohon, Donfree Pijoh lewat lagunya berjudul ‘Selamanya’ masuk dalam daftar putar lagu di platform digital.

“Tahun 2015 lagu saya ini telah masuk dalam iTunes, Spotify, Amazon dan Apple Music. Mungkin saya musisi indie pertama Kota Tomohon yang menelorkan lagu ke beberapa platform pemutar lagu digital itu,” kata Donfree Pijoh dalam siaran persnya yang diterima publikreport.com, Jumat 31 Mei 2019, malam.

Sejak keberhasilan itu, Donfree terus berkarya. Selang 4 tahun kemudian, tepatnya, Kamis 30 Mei 2019, dirinya merilis video musik pertamanya yang bisa dinikmati di youtube channel.

“Perampungan video musik ini cukup lama karena lokasi pengambilan gambar dilakukan dibeberapa tempat yang cukup berjauhan satu sama lain,” jelas Donfree seraya memberikan link video musiknya, https://www.youtube.com/watch?v=3dQwlD78nG8.

Berikut tim yang membuat video music ‘Selamanya’: Written by Donfree P. Music Director by Franky T. Music by Franky T, Billy L. Recording by Jerry P, Jitro S. Producer by Jitro S. Video Director by Marchi. Videographer by Jimmy R, Glen W. Pilot drone by Jimmy R. Team work by Israel K, Davezone L, Rio P.

Era digital ini, Donfree menambahkan, tidak hanya merambat ke sektor ekonomi, pariwisata dan perdagangan. Industri musik juga tidak luput dari pengaruh teknologi yang membuat banyak orang betah dengan kemudahan dan kecepatan data, informasi yang beredar.

“Beberapa penikmat musik ataupun pelaku seni saat ini banyak melirik kesempatan untuk berbagi dengan kemudahan yang ditawarkan berbagai plafform pemutar lagu digital itu,” tambahnya. | DORANG

Leave a Reply