Tanaman cabe di Talawaan Bantik, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Tanaman cabe di Talawaan Bantik, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Pesan Menteri: IPPTP Pandu Harus Jadi Contoh

MANADO, publikreport.com – Setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian (Kementan) harus mampu mengoptimalkan lahan pertanian dan kebuh percobaan mengintroduksi revolusi industri 4.0. Harapan ini dikemukakan Menteri Pertanian (Mentan) pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diikuti Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara (Sulut), Yusuf MP, Senin 27 Mei 2019.

Kami membayangkan seluruh UPT Kementerian Pertanian ramai dikunjungi orang dan sibuk melayani masyarakat yang datang melihat inovasi teknologi pertanian kita,” kata Yusuf mengutib Mentan saat memaparkan hasil Rakornas di ruang cengkih Balitbangtan BPTP Sulut.

Kepada jajaran Balitbangtan BPTP Sulut, Yusuf menegaskan, harapan bapak menteri harus dapat diwujudkan dalam 1-2 bulan ke depan. Kepada Kepala IPPTP Pandu, dimintanya mengoptimalkan apa yang sudah ada di lapangan, sambil melengkapi yang perlu dilengkapi. Kepada para pengkaji, yakni peneliti dan penyuluh, Yusuf berpesan memfokuskan pada kegiatan in house di Pandu.

IPPTP Pandu harus menjadi contoh dan menjadi pusat kunjungan pertanian di Sulut. Pasti akan memberi nilai tambah kepada masyarakat sekitar,” tegasnya.

Inovasi teknologi hasil Balitbangtan Pertanian, Yusuf menjelaskan, harus mewarnai pengelolaan dan penataan IPPTP Pandu.

Sumber daya prasarana kita lebih baik. Kita bangun komunikasi internal dan eksternal agar kegiatan penelitian dan pengkajian memberikan kontribusi dalam program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang menjadi ikon di Sulut,” kata Yusuf yang saat ini merupakan Ketua Paguyuban Kepala BPTP Selindo.

Kendati sudah ada sekolah dan instansi baik Sulut maupun dari luar Sulut datang belajar inovasi teknologi di IPPTP Pandu, namun Yusuf menyatakan, jajarannya jangan berpuas dulu.

Itu harus ditambah l agi muatan inovasi teknologi kita,” ujarnya.

Leave a Reply