Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pilkada 2020, Pertarungan PDIP, Nasdem dan Golkar

POLITIK

TOMOHON, publikreport.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diprediksi bakal terjadi pertarungan ketat antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Golongan Karya (Golkar). Diatas kertas sejumlah pengamat melihat Partai Nasdem di atas angin dengan menguasai enam daerah karena kadernya duduk sebagai walikota/bupati di Sulut. Sedangkan PDIP baru menguasai empat daerah dan Golkar.

Disebut-sebut kader Partai Nasdem, seperti Vicky GS Lumentut, Elly Lasut dan Vonnie Aneke Panambunan bakal menjadi pesaing terkuat dari PDIP untuk memperebutkan posisi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut Masa Bakti 2020-2025. Tak kalah mempesona yang dikatakan dapat menjadi kuda hitam pada Pilkada 2020 adalah kader Partai Golkar, seperti Christiani Eugenia Paruntu, Jimmy Feidie Eman dan Stefanus Vreeke Runtu.

Kabupaten/kota

Sementara untuk Pilkada Bupati/Walikota 2020, diperkirakan PDIP akan all out memenangkan daerah-daerah yang belum dikuasainya, seperti Kota Tomohon, Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Sebab PDIP baru menguasai di Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara (Mitra), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Kepulauan Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro).

Provinsi Sulut saat ini dipimpin Gubernur dan Wakil Gubernur yang merupakan kader PDIP. Bahkan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019, PDIP menang di Sulut, di mana berhasil mengirim 3 kadernya ke DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI serta meraup 18 kursi dari 45 kursi DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi Sulut,” kata Pemerhati Politik, Eduard LR saat berbincang di Kantor publikreport.com, Rabu 05 Juni 2019.

BACA JUGA: PG, PDIP, Nasdem, Gerindra, Hanura dan Demokrat Bakal Berebut DB 1 G

BACA JUGA: Pilkada 2020, PDIP Ancaman PG di Tomohon

BACA JUGA: Tomohon dan Minsel Berebut Ketua Golkar Sulut
BACA JUGA: Pilkada Tomohon Segera Bergulir

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP Sulut, Olly Dondokambey kepada wartawan pernah mengatakan apabila dirinya siap ‘sapu bersih’ daerah-daerah di Sulut pada Pilkada 2020.

Siapa saja figur yang bakal menjadi ‘jagoan’ partai politik (parpol) untuk bertarung pada Pilkada 2020, tentunya masih tanda tanya. Kemungkinan akan ada banyak kejutan, pasalnya sejumlah parpol tahun ini dan tahun depan akan melaksanakan musyawarah daerah (musda). | DORANG

Leave a Reply