Ilustrasi buah nangka.
Ilustrasi buah nangka.

Berbagai Khasiat Buah Nangka

Nangka merupakan salah satu buah yang rasanya manis serta lezat dan disukai banyak orang. Uniknya nangka adalah buah ini bisa dimakan pada saat sudah matang ataupun saat masih mentah. Nangka mentah dapat diolah menjadi sayur. Di kota Yogyakarta, sayur nangka populer dengan sebutan gudeg.

Buah ini sendiri memiliki nama latin yaitu Artocarpus heterophyllus serta merupakan buah yang ditanam pada daerah tropis. Diduga buah ini berasal dari wilayah India Selatan. Di Barat, sebutan buah nangka adalah jackfruit. Khasiat buah nangka merupakan salah satu hal dari buah ini yang membuatnya begitu terkenal karena buah berwarna kuning ini mengandung begitu banyak zat yang bermanfaat untuk tubuh.

Khasiat buah nangka yang pertama adalah buah ini dapat membantu untuk mencegah kanker. Di dalam nangka terdapat fitonutrien termasuk isoflavon, saponin serta lignan. Fitonutrien juga bisa membantu untuk menghilangkan radikal bebas.

Khasiat kedua ialah mencegah anemia karena buah ini juga diketahui kaya akan zat besi.

Khasiat ketiga, buah nangka dapat turut membantu pencernaan tubuh. Di dalam nangka terdapat sifat anti ulkus sehingga bisa membantu proses penyembuhan borok serta aneka gangguan pencernaan. Seratnya juga tinggi dan bisa mencegah penyakit sembelit. Serat dalam nangka turut memberikan perlindungan pada membran mukosa pada usus besar.

Khasiat keempat, nangka bisa membantu untuk memperkuat tulang. Dalam nangka terkandung magnesium yang penting dalam proses penyerapan kalsium. Kalsium akan memperkuat tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis.

Khasiat buah nangka yang kelima adalah menjaga kecantikan kulit dan kesehatan mata. Hal ini tak terlepas dari tingginya kandungan vitamin A dalam buah nangka.

Khasiat keenam ialah bisa menjaga kesehatan dari tiroid karena di dalamnya terdapat tembaga yang dapat menjaga metabolisme tiroid.

Leave a Reply