Ilustrasi.
Ilustrasi.

Seluruh BUMDes di Minut Diperiksa Kejaksaan?

HUKUM

AIRMADIDI, publikreport.com – Santer berkembang isu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), apabila dalam waktu dekat Kejaksaan Negeri (Kejari) Airmadidi, bakal melakukan pemeriksaan terhadap seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Minut. Pemeriksaan oleh lembaga penegak hukum karena diduga banyak BUMDes yang melakukan penyalahgunaan anggaran dari Dana Desa (Dandes), sehingga tidak mampu dipertanggungjawabkan.

“Informasi yang beredar seperti itu. Tapi semua tergantung dari lembaga hukum tersebut,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosPMD) Kabupaten Minut, Dolly Kenap kepada wartawan, Kamis 05 Juli 2019.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasie) Intel Kejari Airmadidi, Ekaputra Polimpung MH saat dikonfirmasi mengatakan, pemeriksaan bisa saja dilakukan pihaknya. Namun itu semua membutuhkan proses.

“Saya juga dapat informasi seperti itu. Tapi semua itu perlu kajian dari segala sisi dan koordinasi dengan Inspektorat Minut,” ujarnya singkat.

BACA JUGA: Puluhan Desa di Minut Terindikasi Selewengkan Dana Desa

BACA JUGA: Dana Desa Bermasalah, 9 Desa Bakal Ditangani Kejaksaan

BACA JUGA: Kejaksaan Nyatakan Siap Periksa 9 Desa yang Selewengkan Dandes
BACA JUGA: 80 Persen BUMDes di Minut Mati Suri

Sementara, Hukum Tua (Kumtua) Desa Talise, Andriman Salindeho saat bersua wartawan mengatakan jika saat ini memang ada pemeriksaan BUMDes. Namun pemeriksaan dilakukan oleh pihak Inspektorat Minut.

“Saat ini memang ada pemeriksaan dan itu baru dilakukan oleh Inspektorat. Soal pemeriksaan dari Kejari, itu kami belum dapat informasi,” jelasnya. | GLENLY B

Leave a Reply