Danau Tampasu berada di puncak Gunung Tampusu (1.186 meter dari permukaan laut) diantara wilayah Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). (foto: djufryrorong)
Danau Tampasu berada di puncak Gunung Tampusu (1.186 meter dari permukaan laut) diantara wilayah Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). (foto: djufryrorong)

Danau Nan Elok Diantara Tomohon dan Minahasa

Danau Tampusu berada di puncak Gunung Tampusu (1.186 meter dari permukaan laut) diantara wilayah Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Menuju ke danau nan indah ini, menurut salah satu pemandu wisata, Djufry Rorong, wisatawan dapat melalui jalur Kelurahan Pangolombian, Kecamatan Tomohon Selatan, sekitar 25-40 menit dari pusat kota Tomohon, atau melalui Desa Tampusu, Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa.

Saat melakukan pendakian menuju Danau Tampusu, wisatawan akan melewati perkebunan dan pertanian yang dipenuhi tanaman cengkih, jagung, sayur-sayuran dan pemandangan alam yang indah.

Keindahan Danau Tampusu

“Sepanjang perjalanan anda akan disambut kicauan burung-burung yang bertengger di pepohonan yang hijau serta warna-warni kupu-kupu yang beterbangan bebas. Selanjutnya mengitari sebagian hutan hujan tropis yang dihiasi beragam jenis bunga, pohon-pohon besar dan kayu rotan. Anda dapat juga melihat monyet hitam dan burung elang di sekitar danau ini. Setelah menempuh jalur hutan yang menantang adrenalin, Anda kembali disuguhkan pemandangan Danau Linouw dikejauhan dengan kepulan uap-uap dari proyek panas bumi serta gunung, bukit dan hutan disekitarnya,” cerita Djufry yang sudah berkali-kali mengantar wisatawan asing berkunjung ke Danau Tampusu maupun sejumlah objek wisata di Kota Tomohon atau Provinsi Sulut.

Misteri Harta Karun di Danau Linouw

Tiba di puncak Gunung Tampusu, menurut Djufry, wisatawan telah dinanti indahnya pemandangan Gunung Lokon, Mahawu, Masarang, Klabat, Dua Sudara, perkebunan di Bukit Wawo, Danau Tondano dengan hamparan sawah di Tondano, ibukota Kabupaten Minahasa. Untuk sampai ke Danau Tampusu, wisatawan akan berjalan kaki menapaki anak-anak tangga dengan pegangan, selama 30-45 menit.

“Tiba… Anda dapat beristirahat di pinggir Danau Tampusu sambil menikmati udara sejuk dengan keheningan alam yang jauh dari kebisingan dan polusi. Ikan-ikan khas Danau Tampusu akan semakin membuai Anda di tengah alam nan indah,” ucapnya.

Tomohon Kota Destinasi Wisata Gunung Berapi

Leave a Reply