Ilustrasi.
Ilustrasi.

Petani dan Pelaku Agribisnis Dilatih

MANADO, publikreport.com – Sejak 25 Juni 2019, Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melatih petani dan pelaku agribisnis di Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara (Mitra), Minahasa Selatan (Minsel), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Pelatihan ini diselenggarakan karena diyakini pentingnya sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Petani adalah pelaku utama penggerak pertanian yang bersifat profesional dan independen, dalam menjalankan roda perekeonomian berbasis agribisnis di tingkat kecamatan. Sedangkan pelaku usaha sebagai pelaku agribisnis, hanya membantu petani dalam memasarkan hasil-hasil produksi pertanian yang bersifat profitable.

BACA JUGA: Konflik Panjang Petani Tondangow dan PT PGE Area Lahendong

Oleh karena itu, pelatihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapasitas petani sebagai pelaku utama dalam penerapan teknologi pertanian agar mampu tumbuh dan berkembang mendukung pembangunan pertanian masa depan serta meningkatkan kapasitas pelaku agribisnis dalam memasarkan hasil-hasil pertanian agar dapat mendukung peningkatan perekonomian lokal. | VERONICA DSK

Leave a Reply