Denny Sompie, anggota DPRD Kabupaten Minut.
Denny Sompie, anggota DPRD Kabupaten Minut.

Minut Dinilai Perlu Pemekaran Kecamatan

AIRMADIDI, publikreport.com – Dengan pertimbangan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki luas wilayah yang luas dan berpulau-pulau, sehingga salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minut, Denny Sompie menilai perlunya pemekaran kecamatan, khususnya di Likupang raya. Usulan pemekaran kecamatan ini, menurutnya dengan tujaun mendekatkan pelayanan pemerintah ke masyarakat.

“Pemekaran kecamatan di wilayah kepulauan sangat perlu agar masyarakat tidak membutuhkan waktu dan jarak yang jauh guna mendapatkan pelayanan pemerintah,” kata Denny kepada wartawan, Kamis 11 Juli 2019.

Kecamatan yang perlu dimekarkan, Denny menjelaskan, adalah Mantehage, Nain, Talise Gangga dan Bangka. Pemekaran kecamatan ini dianggapnya perlu segera dilakukan karena tidak ada moratorium.

“Moratorium hanya pemekaran kabupaten/kota, belum berlaku untuk kecamatan,” jelas Denny yang menjadi wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Likupang Timur.

Terpisah, Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Minut, Jeane Symons saat dikonfirmasi mengatakan jika usulan pemekaran ini akan membutuhkan waktu dan proses yang panjang hingga ke pemerintah pusat.

“Itu belum kita bahas karena prosesnya panjang,” ujarnya. | GLENLY B

Leave a Reply