Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tingkatkan Investasi DinPMPTSP Sulut Bentuk Timsus

EKONOMI & BISNIS

MANADO, publikreport.com – Terobosan baru dibuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) guna meningkatkan investasi di bumi nyiur melambai. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DinPMPTSP) Provinis Sulut membentuk tim khusus (Timsus) untuk mempermudah investor mengurus izin usaha.

Tim khusus ini bergerak dalam perencanaan, pengembangan, promosi dan pengendalian. Tim khusus ini dibentuk sebagai respons cepat atas petunjuk Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey tentang percepatan pembangunan investasi,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) DinPMPTSP Provinsi Sulut, Frangky Manumpil.

Tim khusus, Frangky melanjutkan, akan mempermudah investor yang ingin mengurus perizinan. Untuk itu DinPMPTSP bekerjasama dengan perangkat daerah yang berkaitan dengan perizinan.

Ketika pertimbangan teknis dari instansi terkait yang sudah dipool di DinPMPTSP disetujui, langsung keluar izinnya. Artinya investor tidak harus bolak balik ke instansi teknis. Tidak ada yang dihambat atau sengaja ditahan-tahan. Kalau persyaratan administrasi dan teknis sudah lengkap kami langsung proses dan teken izin,” tegasnya.

BACA JUGA: Presiden: Perizinan untuk Investasi Masih Ruwet

BACA JUGA: Ini Sektor Potensial Untuk Investasi di Indonesia

Hal ini, menurut Frangky, juga merupakan tindaklanjut dari kunjungan kerja Presiden RI, Jokowi belum lama ini di Sulut, untuk memfasilitasi proyek strategis nasional yang akan masuk. Seperti pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang dan pembangunan jembatan yang menghubungkan Kota Bitung dan Pulau Lembeh.

Berapa nilai investasinya, luasnya, apa saja yang akan dibangun. Pemerintah akan memfasilitasinya,” ujarnya. | VERONICA DSK

Leave a Reply