KEK Pariwisata Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
KEK Pariwisata Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Empat Super Prioritas Destinasi Pariwisata

JAKARTA, publikreport.com – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya mengemukakan, dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas atau 10 Bali Baru, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan empat yang super prioritas, yaitu Danau Toba, Mandalika, Borobudur, dan Labuhan Bajo.

Apa yang diinginkan oleh Pak Presiden secara singkat saja, tahun 2020 semua fasilitas, utilitas infrastruktur, dan utilitas dasar harus selesai. Jadi apa itu, 3A-nya harus selesai. Yang pertama, atraksinya harus kelas dunia. Yang kedua aksesnya. Yang ketiga amenitasnya,” kata Arief Yahya kepada wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas tentang Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 15 Juli 2019.

Danau Toba misalnya, Arief mencontohkan, traksinya harus mendapatkan UGG, UNESCO Global Geopark, tahun ini. Yang kedua, aksesnya harus selesai semua. Bandara (bandar udara) Silangit sudah jadi bandara internasional, tol dari Kualanamu sampai Tebing Tinggi harus sudah selesai, dan lain sebagainya. Lalu yang ketiga amenitas, orang sudah investasi.

Sekarang, Arief mengungkapkan, sudah ada investasi sebesar Rp6 triliun untuk pengembangan Danau Toba. Karenanya, amenitasnya contoh membangun hotel, dan itu semua harus yang nomor 2, 1 dan 2, atraksi dan akses selesai tahun 2020, dan amenitas sudah mulai tahun 2020.

Gubernur Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengemukakan, masalah pengembangan Danau Toba adalah infrastruktur yang tinggal berjalan waktu dalam pembenahan.

Danau Toba, menurut Edy, dilingkari oleh tujuh kabupaten sehingga diperlukan infrastruktur menghubungkan antarkabupaten dan membuat jalan, rute, yang sepanjang keliling di ring dalamnya di Danau Toba itu. Itu yang prioritas.

Yang kedua, Edy mengatakan, adalah mindset manusianya, yang untuk melayani para wisatawan. “Ini yang akan disiapkan. Kita akan mengubah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) itu lebih dominan daripada SMA (Sekolah Menengah Atas), sehingga melatihkan pelayan-pelayan para wisatawan. Itu yang paling penting dan ini sudah berjalan semuanya,” ungkapnya.

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkifliemansyah mengemukakan, terkait penunjukan Mandalika sebagai host atau tuan rumah untuk motor GP 2021 semua infrastruktur yang berkenaan dengan itu mudah-mudahan sesuai pada waktunya.

Leave a Reply