Hanny Dirk, Hukum Tua Desa Matungkas.
Hanny Dirk, Hukum Tua Desa Matungkas.

Kumtua Matungkas Salurkan Sertifikat Tanah

AIRMADIDI, publikreport.com – Pemerintah Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), telah menyalurkan 41 sertifikat bidang tanah milik warga yang masuk dalam Program Nasional Agraria (Prona) 2018. Program ini dikenal Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Empat puluh satu bidang tanah ini sudah lengkap berkas dan telah disalurkan ke warga,” kata Hukum Tua (Kumtua) Desa Matungkas, Hanny Dirk kepada wartawan, Rabu 17 Juli 2019.

Meskipun demikian, Hanny mengatakan, pemerintah desa juga telah mengembalikan sejumlah sertifikat Prona yang dikeluarkan BPN, karena belum lengkap berkas, seperti tidak adanya nomor legalisir, berkas asli, denah tanah dan sebagainya.

“Desa Matungkas mendapatkan kuota Prona sekitar 300 bidang tanah. Dari jumlah tersebut, empat puluh satu sertifikat sudah disalurkan dan ada yang dikembalikan ke BPN karena berkas tak lengkap serta ada juga masih dalam pembuatan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor BPN Kabupaten Minut, Sammy Dondokambey mengatakan, di tahun 2018 pihaknya telah selesai melakukan pengukuran 5.500 bidang tanah dan 3.840 sertifikat. Tahun ini, BPN Minuy telah menargetkan pengukuran 10.000 bidang tanah dan 8.500 sertifikat lewat PTSL. | GLENLY B

Leave a Reply