Ilustrasi.
Ilustrasi.

Data Kependudukan, Ombudsman: Clean and Safety

JAKARTA, publikreport.com – Ombudsman RI menilai, pemberian hak akses verifikasi data kependudukan milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada lembaga swasta clean dan safety.

Penegasan ini disampaikan Ombudsman yang diwakili Alvin Lie dan Ahamd Su’aidi usai pertemuan dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh di Kantor Kemendagri, Jakarta, 24 Juli 2019.

Selama ini, menurut Alvin Lie, terdapat kesalahpahaman yang beredar di masyarakat bahwa swasta mendapatkan hak akses data pribadi. Padahal, yang ada hanyalah hak akses verifikasi data sehingga tidak ada praktik inkonstitusional apapun.

Selama ini yang beredar ini kan akses data. Tapi sebenarnya yang ada itu akses untuk verifikasi, memeriksa kebenaran dan keabsahan data dalam rangka melindungi para pengguna layanan ini (dari identitas palsu),” kata Alvin Lie kepada wartawan usai pertemuan.

Kendati demikian, Alvin meminta agar aspek sekuritas data tersebut tetap diperhatikan. Bisa saja, seiring dengan berkembangnya waktu dan teknologi, apa yang saat ini aman menjadi tidak aman di kemudian hari.

Kita sepakat bahwa tetap harus meningkatkan pengawasan karena teknologi ini kan terus berkembang. Yang hari ini aman, besok bisa tidak aman,” pesannya.

Leave a Reply