Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kepsek TK dan SMP Diserukan Lawan Hoaks

BITUNG, publikreport.com – Walikota Bitung, Maximilian Jonas Lomban menginstruksikan kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bitung untuk menjadi pelopor pemberantasan berita hoaks. Para kepsek ini diserukan mengarahkan seluruh unsur terkait di sekolah, yakni mulai dari para guru, siswa hingga orang tua untuk tidak menyebarkan berita bohong.

“Penting menyebarkan hal-hal yang baik guna pembentukan dan pendidikan karakter serta mental siswa agar terarah ke tujuan yang lebih baik. Karena jika siswa terbiasa dengan berita yang tidak benar (hoaks), maka pikirannya pun akan terisi dengan hal yang sama,” kata Maximilian pada pertemuan terbatas dengan Kepsek TK-SMP se-Kota Bitung, belum lama ini.

BACA JUGA: Bitung Hattrick Raih Kota Layak Anak

Kepada Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Bitung, Maximilian berharap kiranya dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah penyebaran hoaks di media sosial (medsos).

“Berkaitan dengan beberapa berita negatif yang beredar di media sosial terkait kekurangan yang masih ada di Kota Bitung, saya mengajak kepada kita semua untuk mengatasi hal itu dengan cara menyebarkan berita-berita yang baik terkait dengan prestasi yang sudah diraih Kota Bitung. Agar supaya seluruh masyarakat tahu, bahwa pemerintah selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik. Ini bukan semata-mata demi kepentingan pribadi tapi demi Kota Bitung yang kita cintai,” tegasnya.

BACA JUGA: Pendaftaran dan Pendataan Tanah di Pulau Lembeh

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bitung, Audy Pangemanan juga menjelaskan tentang pentingnya pendidikan karakter terhadap siswa dengan cara ‘stop sebarkan hoaks’.

“Kita tidak bisa pungkiri jika siswa-siswa tersebut dididik dengan benar di sekolah selain dengan pendidikan akademik dan keterampilan. Tapi juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter dan mental, salah satunya dengan mengarahkan para siswa untuk selalu menyebarkan kebaikan lewat berita-berita yang baik dan benar. Maka dari situlah mereka mungkin saja dapat memperoleh pengetahuan yang baru dan karakter mereka pun akan semakin terarah ke arah yang lebih baik,” jelasnya. | CHRISTIAN G

BACA JUGA: Pemkot Serahkan 5 Unit Ranmor ke Polres Bitung

Leave a Reply