Ilustrasi, kopi (justinsullivan/getty images/AFP)
Ilustrasi, kopi (justinsullivan/getty images/AFP)

Bahaya Kebanyakan Minum Kopi

Kopi menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, di sisi lain, terlalu banyak minum kopi justru akan berdampak buruk untuk kesehatan. Efek buruk ini disebabkan karena tingginya kadar kafein di dalam kopi.

Studi menunjukkan konsumsi kopi dalam jumlah kecil hingga sedang, baik untuk tubuh. Sedangkan dosis kafein yang tinggi dapat memiliki efek samping yang berbahaya.

Pada setiap orang, konsumsi kopi yang aman atau toleransi terhadap kopi akan sangat berbeda-beda. Terlebih pada orang yang tak terbiasa minum kopi, sedikit saja kafein dapat menimbulkan gejala pada tubuh.

Namun mengutip Mayo Clinic, normalnya 400 mg kafein per hari dianggap aman untuk orang dewasa. Jumlah ini setara dengan empat cangkir kopi seduh, 10 kaleng cola, atau dua buah minuman energi.

Bagaimana jika minum kopi dalam jumlah yang sangat tinggi? Nyatanya, kebanyakan minum kopi akan memberikan dampak untuk kesehatan.

Berikut bahaya terlalu banyak minum kopi.

1. Gelisah

Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Kadar kafein yang tinggi pada kopi dapat membawa kewaspadaan itu menjadi kegugupan dan kecemasan.

Penelitian menunjukkan asupan kafein harian yang tinggi mencapai 1.000mg atau lebih per hari dapat menyebabkan kegugupan. Dosis sedang juga menyebabkan pernapasan lebih cepat dan meningkatkan stres.

Leave a Reply