Tim Pordasi Sulut menyabet Juara II Umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Seri I Tahun 2019 di gelanggang pacuan kuda Tegalwaton, Salatiga, Minggu 28 Juli 2019.
Tim Pordasi Sulut menyabet Juara II Umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Seri I Tahun 2019 di gelanggang pacuan kuda Tegalwaton, Salatiga, Minggu 28 Juli 2019.

Kejurnas 2019, Pordasi Sulut Juara II

OLAHRAGA

MANADO, publikreport.com – Sulawesi Utara (Sulut) menyabet Juara II Umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Seri I Tahun 2019 di gelanggang pacuan kuda Tegalwaton, Salatiga, Minggu 28 Juli 2019. Lima belas kuda pacu yang diturunkan Pengurus Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sulut di enam kelas dari delapan kelas yang dipertandingkan bersaing ketat dengan tim dari Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Sumatera Barat (Sumbar). 41 poin berhasil diraih Pordasi Sulut dari total 180 poin yang diperebutkan pada babak final Kejurnas itu. Sementara tampil sebagai Juara Umum adalah Tim Jabar dengan 64,5 poin dan Juara III ditempati Tim Jateng dengan 38 poin.

Tim Pordasi Sulut sudah tampil optimal bahkan all out. Pengurus dan anggota tim sangat puas atas raihan Juara II Umum. Karena pada Kejurnas Pacuan Kuda Seri I Tahun 2018, lalu, Pordasi Sulut hanya menduduki Juara III Umum dibawah Jateng da Jabar,” kata Ketua Umum Pordasi Sulut, Ferry Wowor yang didampingi Ketua Harian, James Waani.

Ketika Tim Pordasi Sulut bertolak ke Salatiga pada awal Mei 2019, lalu, menurut Ferry, materi kuda pacu sangat baik, sehingga berpeluang meraih Juara Umum. Tapi ada beberapa faktor non teknis yang sangat mempengaruhi, seperti di babak penyisihan.

Pada waktu barrier draw babak penyisihan, ada beberapa kuda seperti Elektra dan Kamasilan yang menjadi unggulan Tim Pordasi Sulut harus naik kelas. Ditambah lagi ada kuda pacu yang cedera serta joki jatuh pada babak penyisihan, sehingga tidak lolos ke babak final. Padahal kuda pacu tersebut telah ditargetkan menyumbang poin dibabak final,” ujarnya.

Kejurnas Pacuan Kuda Seri I ‘Derby Indonesia 2019’ dibuka Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pordasi, Eddy Sadrak.

Berikut hasil lengkap Kejurnas Pacuan Kuda Seri I:

Kelas 02 Tahun Pemula C/D-1.200 M (18 point)

  1.  Merdeka Jatim/Jatim/Inul-Berty Sondakh/H Mochammad Ru’i-Bintang Madura Stable (09 poin)
  2.  Permata Nagari/Sulut/F Sangian-Mario Bahar/Robby Dondokambey-Bendang Stable (06 poin)
  3.  Atalanta Queen/Sumbar/Y Sondakh-Kusno B/M Ikhlas-Aira Stable (03 poin)

Kelas THB INA 2 Tahun-1.400 M (18 poin)

  1.  Hero Eclipse/Jateng/M Soleran-R Soleran/Iman Hartono-Eclipse Stable (09 poin)
  2.  War Senator/Jabar/H Suoth-Karlan/Kusnadi Halim-King Halim Stable (06 poin)
  3.  Dancing Fox/Jateng/F Turangan-A Paendong/Suryo Luhur Hidayat-Metro Stable (03 poin)

Leave a Reply