Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw saat melepas kloter 12 calon jemaah haji (CJH) Sulut, bertempat di Asrama Haji Tuminting, Manado, Selasa 30 Juli 2019, malam.
Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw saat melepas kloter 12 calon jemaah haji (CJH) Sulut, bertempat di Asrama Haji Tuminting, Manado, Selasa 30 Juli 2019, malam.

CJH Sulut ke Mekkah

MANADO, publikreport.com – Sebanyak 455 orang calon jemaah haji (CJH) kloter 12 Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 30 Juli 2019, malam, dilepas Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw bertolak ke tanah suci, Mekkah. Pelepasan ini berlangsung di Asrama Haji Tuminting, Manado.

Tidak ada nikmat yang lebih menggambarkan selain bahagia tak terkira. Apa yang dirasakan CJH setelah sekian lama, bertahun-tahun menunggu dan berkorban tenaga, materi dan waktu, akhirnya tibalah saatnya menunaikan rukun Islam,” ucap Steven OE Kandouw.

Kalau tidak salah, Steven melanjutkan, dari 260 juta penduduk Indonesia, hanya 4,7-nya yang terpilih untuk bertolak ke tanah suci, menunaikan rukun Islam.

Hanya dua persen yang terpilih. Bayangkan saja hanya bapak/ibu yang masuk diantaranya. Jadi ini merupakan suatu hal yang menurut hemat saya, yang saya juga membicarakan dengan pak gubernur, bahwa sungguh-sungguh luar biasa nikmatnya,” ujarnya.

Kepada para CJH, Steven mengimbau, supaya menjaga dan mendoakan yang baik-baik untuk diri sendiri, keluarga, negara dan daerah Sulut bersama pemerintah daerahnya.

Jemaah haji merupakan ‘manusia spesial’. Sebagaimana kata pak Kakankemenag (Kepala Kantor Kementerian Agama, red) tentang tindakan haji, Anda harus beda, mulai dari pola pikir dan tindak tanduk. Jadi harus lengkap nikmatnya, musti komperhensif, harus siap, baik hak dan kewajiban. Atas nama Pemerintah Provinsi Sulut, saya mendoakan agar menjadi haji mabrur, dalam keadaan sehat-sehat, keluarga dan tidak kurang apapun saat berada disana,” ucap Steven, seraya menambahkan, semoga pemberian bantuan tali kasih sebesar Rp3,5 juta ini bermakna dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

BACA JUGA: CJH Minut Bertolak ke Tanah Suci

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulut, Abdul Rasyid menjelaskan, total keseluruhan CJH Sulut, 870 jemaah di luar tenaga petugas haji, baik kesehatan, panitia dan lain-lain. Jemaah haji ini dibagi dua kloter, yakni kloter 12 dan 13. Kloter 13 diberangkatkan pada Rabu 31 Juli 2019.

Kloter 12 terdiri dari CJH dari wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kotamobagu, Minahasa Utara (Minut), Talaud, Bitung dan Tomohon.

Sedangkan kloter 13 CJH dari wilayah Manado, Minahasa, Minahasa Selatan (Minsel), Minahasa Tenggara (Mitra) dan Sangihe.

CJH tertua berusia 89 tahun dan termuda, 23 tahun,” kata Abdul. | VERONICA DSK

Leave a Reply