Sebanyak 578 penyelam pria dan wanita bersiap membuat rangkaian penyelam terpanjang di bawah air (longest human chain underwater), Kamis 01 Agustus 2019, di Pantai Manado, kawasan Megamas.
Sebanyak 578 penyelam pria dan wanita bersiap membuat rangkaian penyelam terpanjang di bawah air (longest human chain underwater), Kamis 01 Agustus 2019, di Pantai Manado, kawasan Megamas.

WASI Catatkan Rekor Dunia di Pantai Manado

MANADO, publikreport.com – Rekor dunia menyelam dicatatkan Wanita Selam Indonesia (WASI) pada Guinness World Records Official Attempt, Kamis 01 Agustus 2019, di Pantai Manado, kawasan Megamass. Rekor dunia mengalahkan rekor yang pernah dibuat di Amerika Serikat (AS) pada tahun 2018 yang hanya sebanyak 386 penyelam. Sebanyak 578 penyelam pria dan wanita membuat rangkaian penyelam terpanjang di bawah air (longest human chain underwater). Para penyelam yang mengikuti pemecahan rekor ini merupakan penyelam terdaftar yang telah dipilih khusus oleh tim panitia penyelenggara dan berdomisili di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa semua kerja keras kita dalam setahun ini berhasil. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, terima kasih kepada Bangsa Indonesia, terima kasih kepada semua masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Sulawesi Utara tentunya semua peserta yang telah menyukseskan acara ini,” ucap Ketua WASI, Tri Tito Karnavian.

Pemecahan rekor ini, menurut Tri, menguatkan posisi Indonesia sebagai negara maritim yang mampu melebihi rekor yang dilaksanakan oleh negara lain, khususnya yang berhubungan dengan laut. WASI secara khusus sebagai organisasi selam menginisiasi kegiatan ini sebagai wujud dukungan untuk memajukan pariwisata serta mendorong masyarakat untuk turut aktif menjaga kelestarian laut Indonesia.

Pemecahan rekor dunia ini, Tri mengatakan, telah dipersiapkan kurang lebih satu tahun. Persiapan mulai dari koordinasi para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari luar Indonesia, serta proses panjang pemilihan lokasi untuk melaksanakan kegiatan ini hingga akhirnya Manado terpilih sebagai lokasi paling tepat.

Leave a Reply