Jack Paruntu, Kepala Dinas PTSP Kabupaten Minut.
Jack Paruntu, Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Minut.

Banyak Rumah Makan Tak Kantongi Izin

AIRMADIDI, publikreport.com – Kecamatan Kalawat, Airmadidi dan Dimembe merupakan wilayah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang paling banyak terdapat rumah makan. Namun, menurut Kepala Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (DinPTSP) Kabupaten Minut, Jack Paruntu, banyak rumah makan yang belum mengantongi izin usaha. Padahal rumah makan salah satu sektor potensial untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Masih banyak rumah makan yang belum memiliki izin usaha, sehingga mereka sudah kami surati. Ini berlaku untuk semua rumah makan yang ada di Minut,” tegas Jack kepada wartawan, Rabu 21 Agustus 2019.

Belum lama ini, Jack mengatakan, DinPTSP Kabupaten Minut turun lapangan guna pengawasan dan sosialisasi. Pemilik/pengelola rumah makan langsung diberikan surat teguran karena belum mengurus izin usaha.

“Surat teguran sudah kami sampaikan. Jika sampai tiga kali belum juga mengindahkan surat ini, maka kami akan melayangkan surat peringatan hingga tiga kali lagi. Jika belum juga mengurus izin usaha, maka akan ada sanksi berupa penempelan stiker tidak berizin hingga penutupan tempat usaha,” tegas Jack yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal DinPTSP Kabupaten Minut, Lidya Tambingon.

Para pelaku/pengelola rumah makan dan pelaku usaha lainnya, Jack berharap, dapat mematuhi peraturan demi kelancaran usaha.

“Tak hanya rumah makan, kami juga akan turun memeriksa jenis usaha lainnya yang diduga tidak ada izin,” tambahnya. | GLENLY B

Leave a Reply