Interior ruang tamu kecil. (foto: rumah123/gettyimages)
Interior ruang tamu kecil. (foto: rumah123/gettyimages)

Mendekorasi Ruang Tamu Kecil

Jika memiliki ruang tamu kecil, tidak usah khawatir. Dekorasi ruangan dan desain interior akan mengubah ruangan menjadi lebih lega dan nyaman.

Saat ini, hunian memang berukuran kecil. Tidak heran kalau ruangan pun menjadi lebih kecil termasuk ruang tamu.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah ruang tamu kecil terkesan lebih lapang, lega, luas, dan juga nyaman. Apalagi ruang tamu menjadi salah satu ruang multifungsi di rumah.

Biasanya untuk rumah mungil, ruang tamu kecil ini berfungsi sebagai tempat menerima tamu, area bersantai keluarga, menonton televisi, dan masih banyak lagi.

Sederetan tips ini diberikan oleh Jessica Bellef yang juga Head of Styling untuk Temple & Webster. Bellef memberikan masukan mengenai desain interior, gaya, dekorasi, pengaturan furnitur, dan lainnya.

Memilih sofa yang tepat

Sofa menjadi hal penting yang harus ada di ruang tamu. Kalau memilih sofa kecil, maka ruang tamu terlihat aneh. Sementara kalau memutuskan memiliki sofa besar, tentunya ruang tamu menjadi kecil. Jangan lupa mengukur besar sofa sebelum membeli.

Jauhkan Furnitur dari Dinding

Jangan meletakkan perabot menempel pada dinding. Biarkan furnitur memiliki jarak agar ada ruang. Semua ini bertujuan agar benda-benda yang berada di ruang tamu bica menciptakan ruang yang nyaman.

Menempatkan benda sesuai porsi dan tempatnya

Saat mendekorasi ruang tamu kecil, setiap benda memiliki tujuan dan juga harus sesuai dengan fungsinya di dalam ruangan. Furnitur bergaya Skandinavia dan Jepang bisa jadi pilihan karena desain yang sederhana dan pilihan yang warna yang simpel.

Upayakan cahaya alami masuk ke dalam ruangan

Sebenarnya tidak masalah jika ruang tamu kecil mengaplikasikan warna yang gelap selama ada cahaya alami masuk ke dalam rumah. Upayakan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Jangan lupa menambahkan cermin agar bisa memantulkan cahaya.

Leave a Reply