Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pergub 36/2019, Petakan Kesehatan Masyarakat

MANADO, publikreport.com – Guna mensukseskan kebijakan satu peta di sektor kesehatan, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 36 Tahun 2019 yang disahkan tanggal 15 Agustus 2019 tentang Pelaksanaan Sulut Sehat Satu Peta (3SP).

Dengan Sulut Sehat Satu Peta, maka tidak ada satu orangpun di Sulut yang tidak terpetakan kesehatannya,” tegas Olly.

Pelaksanaan Sulut Sehat Satu Peta ini merupakan salah satu program inovasi peningkatan pelayanan publik yang mengacu pada satu rekomendasi geospasial, satu standar dan satu basis data yang dapat membantu penataan pembangunan kesehatan masyarakat di Sulut. Pelaksanaan Sulut Sehat Satu Peta para pemangku kepentingan terkait dapat melihat pemetaan kesehatan masyarakat pada suatu lokasi, profil kesehatan, status keluarga sehat, rumah sehat, penyebaran penyakit, gangguan kesehatan, tempat umum sehat dan pariwisata sehat.

Dengan teknologi geospasial ini dapat dilihat semua kebutuhan penting masyarakat terkait kesehatan baik di lintas sektor kesehatan maupun di luar kesehatan demi terwujudnya Sulut Sehat.

Kebijiakan satu peta merupakan salah satu program prioritas Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam pelaksanaan Nawa Cita. Dengan adanya kebijakan satu peta ini, perencanaan pembangunan, kesehatan, penyediaan infrastruktur, penerbitan izin dan hak atas tanah, serta berbagai kebijakan nasional dapat mengacu pada data geospasial yang akurat. | VERONICA DSK

Leave a Reply