Ilustrasi wilayah perbatasan.
Ilustrasi wilayah perbatasan.

Potensi Wilayah Perbatasan Akan Diberdayakan

MANADO, publikreport.com – Kepala Badan Perbatasan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Djemi Gagola mengatakan, Sulut merupakan provinsi perbatasan. Untuk itu potensi perikanan dan pariwisatanya akan diberdayakan. Sejumlah langkah strategis akan diambil untuk pembangunan wilayah pulau-pulau kecil terluar.

Langkah strategis yang akan dilaksanakan di pulau kecil berpenghuni, menurut Djemi, seperti pengadaan kapal penampung, penambahan kapal penangkap 30GT dan dibawah 30GT, pembangunan pabrik es, rehabilitasi sumber listrik dan jaringan listrik, penambahan dan pembangunan sarana dan prasarana Bahan Bakar Minyak (BBM) serta bantuan modal usaha bagi nelayan.

Sedangkan untuk pembangunan pariwisata dilaksanakan beberapa langkah strategis dengan pelaksanaan pendidikan dan latihan (diklat), bimbingan teknis (bimtek), magang dan studi komparasi terkait pengembangan potensi wisata, bantuan modal usaha bagi masyarakat untuk mengembangkan objek wisata yang ada di pulau-pulau terkecil.

Dengan dilakukanya langkah strategis tersebut, diharapkan pembangunan pulau-pulau kecil dapat berjalan dengan baik, Pemerintah Provinsi Sulut juga terus mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk terus bersinergi dalam melaksanakan pembangunan agar program Nawa Cita yang dijalankan Presiden RI, Jokowi (Joko Widodo) dapat terlaksana dengan baik,” kata Djemi. | VERONICA DSK

Leave a Reply